Recent Post:




28.5.10

Hal hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli notebook

APA yang harus diperhatikan ketika beli notebook?

1. Merek tidaklah penting YANG PENTING TERLEBIH DAHULU ADALAH GARANSI dan SERVICE nya.

- jadi percuma klo beli notebook canggih2 eh service centernya memble or garansinya bikin repot. Carilah dan pertimbangkan service center merek notbuk tsb bagus ato ga jangan cuma terpaku omongan orang klo notbuk merek A bagus klo B jelek, padahal mungkin saja notbuk merek A service centernya kacau balau sedangkan yang B bagus
juga pertimbangkan ada beberapa merek yang memberikan garansi sampe dengan 3 tahun, walaupun mungkin lebih mahal tapi bukankan jaminan garansi memberikan ketenangan klo ada apa2

silakan tanya2 di forum soal merek2 tertentu dari rekan2 yang sudah make

AWAS dengan adanya produk BM (black market ). dimana terkadang produk2 ini garansi sama2 1 tahun dengan produk distributor resmi tapi bisa ajah produk BM garansinya cuma toko jadi klo tokonya tutup yah bye2 garansi tentu ini tidak diinginkan kan? Jadi cermati betul garansinya jangan cuma karena murah sekian dolar eh ga taunya cuma garansi toko. TAPI ada juga namanya barang namanya PI (paralel import) dimana produk dengan spek yang sama dengan yang resmi juga beredar dengan harga yang berbeda biasanya disebut dengan GARANSI DISTRIBUTOR (garansi distro) nah terkadang produk2 garansi distro ini harganya lebih murah padahal spek sama dengan yang resmi. DIsinilah kejelian harus diperhatikan karena ada yang distronya ternyata model sekali gebuk bye2 alias beda tipis dengan toko, tapi ada juga distro yang mang bagus


BEDAKAN GARANSI TOKO (BM), RESMI dan DISTRO (PI)?
paling mudah ada pada KArtu Garansinya klo Resmi pasti kartu garansinya ada dan nama Distributor penjual terdaftar di web resminya merek tersebut (silahkan cek2 di internet).

Klo Garansi Distro umumnya dikasi tau sama toko tapi memang sulit maka dari itu untuk mudahnya selalu cek dulu nama dengan yang ada di internet. Cari distro yang dah punya nama besar n UMUM DI TOKO2 jadi coba2 ajah ke toko2 sebelah apakah kenal atau ga gitu.

AWAS DENGAN PENJUAL NAKAL, selalu cari referensi dari banyak toko dan jangan sungkan nanya2 disini

2. SPEK? APAKAH PROSESOR DIATAS SEGALANYA?
Pertanyaan yang umum adalah 'Kok prosesor gw dah duo core tapi lemot yah?". ADa banyak sebab suatu notbuk kerjanya kurang maksimal alias lemot. Analogikan suatu notbuk sebagai sistem jalan tol, dimana prosesor adalah seperti otak dimana gunanya untuk melakukan perhitungan atas input seperti GERBANG TOL, RAM atau memory sebagai tempat antrian data yang akan diolah prosesor seperti JALUR ANTRIAN, sedangkan data yang akan diolah dalam jgerbang seperti kendaraan.

JAdi ada banyak gerbang tol (PROSESOR) mampu melakukan banyak hitungan sekaligus pun tidak akan ada gunanya klo jalur jalan tol (RAM) nya dalam jumlah sedikit. sedangkan klopun jumlah jalur jalan tol (RAM) banyak tapi gerbang tol (PROSESOR) sedikit yang terjadi adalah antrian kendaraan.

Jadi klo pun anda punya notbuk dengan prosesor, misalkan, Core2DUO T7xxx tapi RAM hanya 512MB-pun tidak ada gunanya karena kinerja prosesor jauh mengungguli data yang ditampung oleh RAM sehingga performa tidak maksimal .

OLEH KARENA ITU IMBANGI KOMPONEN2 SPEK NOTBUK YANG ANDA BELI baru pertimbangkan hal2 lain

3. THE MOST FORGOTTEN... DURABILITY n TOUGHNESS...
Ada begitu banyak notbuk di pasaran dengan bermacam2 spek, dan Umumnya user atau calon pembeli hanya berkutat pada satu HAL yaitu SPEK TEKNIS seperti prosesor, hard disk, layar, dll. TAPI MELUPAKAN bahwa sejatinya notbuk itu untuk dibawa2 n portable, dimana kekuatan, kesolidan, dan kekokohan justru lebih penting ^^

Banyak yang akhirnya kecele, karena pas sudah beli eh ga taunya engsel layar mudah oblak, body plastik tipis yang getas, tutup lcd retak dll. dan pada akhirnya akan merepotkan, tentu anda tidak ingin gagal presentasi ketika notbuk dibawa2 dan pada saat akan dipakai ternyata casing ada yang retak, dll

PABRIKAN SUDAH merancang notbuknya sesuai dengan standarnya dan SESUAI HARGA JUAL, dimana adalah bohong notbuk dengan harga 1000 dolar bisa lebih kokoh dari notbuk berharga 1500dolar dengan spek mirip ^^

berikut daftar cek yang wajib untuk dilihat:
- LAYAR apakah terasa solid ketika dibuka tutup
- APakah tombol2 di kibor terlalu empuk, dan dasar kibor terlihat tertekan ketika tombol2 ditekan
- Apakah plastik2 di palm rest atau sebelah kiri kanan touchpad terasa lembek
- apakah tutup lcd terasa lembek ketika ditekan2 dengan jari untuk mensimulasikan beban ke satu titik ketika notbuk dimasukkan ke dalam tas
- apakah pinggiran2 notbuk terasa lembek ketika dipegang
- apaah ketika notbuk diangkat terasa ada bagian2 yang kurang solid baik pada saat layar ditutup atau dibuka
- dan lain2...

terkadang ada beberapa material notbuk non plastik yang terasa lembek ketika ditekan2 seperti mag alloy, alumunium yang memang sifatnya lentur, tapi yang terpenting adalah APAKAH TERASA SOLID.

4. SESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN, PILIH YANG TERPENTING.
dikarenakan KEBANYAKAN NOTBUK ITU SPEKNYA SAMA AJAH Seperti klo dah centrino based tentu prosesor akan sama, chipset sama, wifi sama antar satu merek n tipe lainnya ^^. KARENA ITU SESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN untuk komponen diluar spek teknis dam HARGA TENTU SAJA.

Buatlah prioritas, kalau mengutip dari forum sebelah, maka daftarnya menjadi:

    * Prioritas 1: Must have. Notbuk tersebut harus memiliki fitur ini.
    * Prioritas 2: Good to have. Fitur yang dianggap penting namun bisa dikorbankan jika memang tidak tersedia.
    * Prioritas 3: Nice to have. Fitur yang tidak penting, tapi kalaupun ada tentu lebih menyenangkan.

Bisa jadi Anda akan tercengang ketika mendapati bahwa ternyata Anda tidak membutuhkan sebagian besar fitur yang ditawarkan oleh sebuah notbuk ^^

Berikut penjabarannya dibagi dalam beberapa KEBUTUHAN DASAR BERDASARKAN UNTUK APA -HARGA TIDAK DIHITUNG-:

1. Desain.
Ada banyak profesi yang berhubungan dengan menggambar yang bergerak di berbagai bidang seperti DESAIN INTERIOR, DESAIN GRAFIS, ARSITEK, dll. TAPI KEbutuhan dasar rata2 sama yaitu: LAYAR yang semakin besar semakin bagus ^^ Tentu anda sebagai penggambar akan senang dengan layar monitor beresolusi tinggi dan semakin besar ukurannya karena semakin banyak yang bisa digambar tanpa harus geser2 layar. KArena saran saya minimal adalah 14,1" WIDE. Pertimbangkan bahwa semakin besar layar, dimensi semakin bertambah dan bobot akan bertambah.

Yang lain adalah tentu saja Graphic card terutama untuk yang butuh untuk rendering image/video. Oleh karena itu PERLU DIPERHATIKAN GRAPHIC CARD NOTBUK TIDAK SEBAGUS DI DESKTOP -misalnya Ati X1600 notbuk (mobility radeon) tidak sama Ati X1600 desktop (RADEON)- karena walaupun chip grafis sama tapi banyak fitur yang dipotong seperti memory bandwidth. Tapi ada beberapa notbuk yang kemampuan grafisnya tidak kalah dengan desktop yaitu DTR -> penjelasan ada dibawah. Juga ada yang memakai Graphic Card sekelas render server seperti FireGL atau Quadro. NAh perhatikan baik2 tentu di notbuk tidak bisa secepat n sebaik di desktop. SAran saya? Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan GraphicCard onboard saja, rendering bisa dilakukan di pc desktop yang lebih murah n lebih bagus ^^

merek? rata2 tiap merek ada ^^ walaupun tidak ditulis secara gamblang.


2. Office.
Banyak yang menyebut untuk office tidak perlu bagus2, toh cuman buat ngetik, spreadsheet dan presentasi ini. ITU SALAH ^^ karena untuk yang benar2 membutuhkan office HARUSLAH MEMILIH NOtbuk yang memang dirancang untuk ROAD WARRIOR. Biasanaya notbuk2 seperti ini dimensinya kecil, bobotnya ringan, penggunaan material yang lebih baik dan kuat daripada plastik -seperti Titanium, carbon, magnesium-, chasis yang diperkuat -reinforced chassis-,

HASSLE FREE n WORRY FREE n CARE FREE computing yang berarti ada fungsi backup n recovery system yang sangat baik -misalnya one touch recovery dengan kecepatan tinggi- plus security yang tinggi seperti biometric fingerprint -tentu Anda tidak mau data perusahaan bocor kemana2 kan karena password mudah dibobol?-. BAtere lifetime yang panjang bisa lebih dari 3 jam untuk presentasi.

spek teknis, tidak terlalu penting karena toh prosesor sekelas pentium 3 sudah cukup untuk office app. yang terpenting itu adalah FEATURE PENDUKUNG ROAD WARRIOR, toh mahal dikit gapapa yang penting data pekerjaan aman, kan?

Biasanya merek2nya itu IBM, VAIO premium series, Fujitsu premium series.

3. Multimedia ADDICT.
Ini untuk yang benar2 penggila multimedia seperti video n audio mesti bagus. Tentu dibutuhkan sesuatu yang lebih, seperti layar ekstra bagus, speaker bawaan oke banget, Audio chipset canggih, audio output oke banget.

Spek teknis? prosesor tidak terlalu penting toh prosesor sekarang dah lebih dari cukup ^^, graphic card onboard juga dah cukup oke asal ga butuh video overlay macem2 ajah, YANG PENTING JUSTRU audionya dimana Chipset audio bawaan notbuk biasanya hanya ala kadarnya nah carilah yang bagusan biasanya dikasi tau di spek detil produk tersebut, AUdio output yang support klo bisa Surround 5.1 atau lebih dengan output optic digital -biasanya dikasinya S/PDIF-.

merek? TOSHIBA QOSMIO itu yang paling multimedia. Sebetulnya notbuk merek2 lain yang mainstream dah cukup hanya saja biasanya audionya biasa ajah, bolehlah ditambah dengan sound card external via USB.

4. GAMING FREAK.
Ini yang biasanya susah banget, karena GRAPHIC CARD discrete pun tidak sebagus aslinya di desktop >< -meski tipe graphic cardnya sama dengan di dekstop- walopun prosesor, ram mendukung. Saran saya? LUPAKAN AJAH KLO MAU MAEN GAME DI NOTBUK >< karena toh fungsi dasar notbuk itu kan portable computer walopun saya pun maunya bisa portable gaming computer ekekeke... Belum lagi masalah daya tahan batere yang kurang.

Baikan belinya Desktop ajah karena toh dengan harga 8jutaan dah oke untuk sekarang ini ^^

merek? susah, klo masih kekeh maunya notbuk cek DTR -> ada dibawah ^^

5. MAINSTREAM.
Ini adalah yang TERUMUM dari semua pembagian kebutuhan, biasanya user menginginkan notbuk dengan kemampuan setara desktop, dan bisa semua2nya,. mulai dari kebutuhan dasar seperti office, internet, audio/video player.

Disini saya tidak membahas banyak karena user tinggal sesuaikan dengan spek teknis ^^


Komponen2 yang harus diperhatikan:
1. Prosesor -> carilah prosesor terbaru yang umumnya (TIDAK SELALU) selalu lebih barik kinerjanya dan konsumsi dayanya

notbuk gw dah centrino ne berarti lebih bagus daripada lu yang ga centrino? or notbuk centrino lebih baguslah daripada ga centrino? ---> ini pertanyaan umum yang beredar di pembeli awam. Padahal CENTRINO adalah MEREK DAGANG INTEL for NOTEBOOK PLATFORM jadi centrino itu haruslah memakai prosesor intel mobile ditambah chipset intel mobile dan wifi card intel. dan centrino ini dibikin utnuk memudahkan pembeli ga usah pusing2 soal spek notbuk tersebut karena dengan centrion dan pasti komponennya stabil dan kompatibilitasnya tinggi.

Centrino ga bisa dibilang lebih bagus dibanding non centrino seperti AMD Turion prosesor based notbuk. Karena dibalik kata2 centrino tsb -misalkan- anda memiliki notbuk merek A yang bisa ajah prosesornya yang kelas value ga seperti teman anda yang punya notbuk merek B dengan prosesor kelas value, kenapa gitu? karena seperti diatas yang penting prosesor intel mobile, chipset intel mobile dan wifi intel maka jadilah centrino notbuk

Cermati baik2 spek notbuk anda karena TIDAK SELAMANYA Centrino lebih baik walaupun centrino based notbuk lebih stabil dan kompatibalitasnya tinggi.

2. RAM -> tidak masalah dengan RAM dari bawaan yang kecil karena bisa diupgrade sendiri. Tapi terkadang RAM bawaan lebih murah daripada membeli terpisah, so cermati dengan baik

3. VGA -> perhatikan kebutuhan anda apakah cuma untuk office atau untuk gaming/rendering/grafis. Tentu performa graphic card onboard tidak sebaik peforma graphic card terpisah akan tetapi klo memang kebutuhan anda adalah daya tahan batere graphic card onboard lebih lama daya tahannya walopun performanya standar, tapiklo anda butuh untuk kerja grafik or gaming anda bisa memilih graphic card terpisah karena tentu sajah yang terpisah performa lebih baik daripada onboard.

VGA Non-Onboard GA BISA DIUPGRADE DENGAN MUDAH -> banyak yang nanya hal ini, kenapa ga bisa diupgrade dengan mudah?

karena vga non onboard untuk notbuk format bentuknya berbeda dengan seperti di PC desktop, kenapa beda? yah karena untuk notbuk dibutuhkan pengurangan dimensi supaya ga makan tempat, juga klopun ada yang jual terpisah untuk notbuk, adalah pekerjaan yang sulit untuk masang karena kompatibilitas mobo, bios, dan drivernya.

SAtu lagi biasanya performa vga non onboard untuk notbuk ga sebaik di pc desktop, walaupun GPU (graphic processing unit)-nya sama dengan di desktop, hal ini disebabkan karena masalah panas, desain, arsitektur, dan juga konsumsi daya. Terkecuali untuk notbuk berjenis DTR (DeskTop Replacement) yang memang difungsikan sebagai tandingan pc desktop (dengan bentuk yang lebih compact dari pc desktop walopun ukurannya gede banget daripada notebook itu sendiri), karena di DTR yang dipake vga yang mirip dengan di pc desktop.


4. Hard Disk -> komponen yang cukup mahal untuk diupgrade sendiri, walaupun sekarang ini rata2 sudah 40/80GB jadi tidak usah terlalu dipusingkan dari kapasitasnya. Tapi perlu dicermati ada hal lain yang bisa mempengaruhi performa notbuk anda dari hard disk yaitu jenis interface dan juga speed rotation dari HD tsb.

Interface HD yang baik dan cepat sekarang ini adalah SATA bukan PATA. kenapa SATA lebihbaik? karena interfacenya memberikan kecepatan lebih tinggi dari PATA sehingga waktu tunggu dari dya komputasi notbuk anda tidak terhalang oleh lambannya input data dari HD.

SPeed rotation dari HD adalah seberapa cepat putaran cakram (tempat menyimpan datA) di dalam hard disk berputar, kecepatan putaran ini berhubungan dengan kecepatan pencarian data. Karena HD menyimpan data dengan meletakkan data di sebuah cakram yang terus berputar dan tentu saja dengan logika semakin cepat cakram diputar semakin cepat data mampu dicari Oleh karena pertimbngkan apakah anda butuh HD yang cepat atau tidak? Karena tentu semakin cepat berputar konsumsi daya semakin tinggi dan panas yang dihasilkan lebih tinggi daripada yang lebih rendah kecepatan putarnya. Biasanya satuan yang digunakan adalah RPM (rotation per minute) dan yang umum dipakai hd sekarang ini adalah 4200rpm or 5400rpm.

5. BATERAI -> cari yang kapasitasnya besar yang umumnya dalam satuan xxxx mAh, analoginya mudah anda memiliki sebuah bak mandi (baterai) dengan kapasitas 100liter (kapasitas) sedangkan kebutuhan anda adalah 1 liter per menit (kebutuhan daya notbuk) maka tentu akan habis dalam waktu 100 menit (kemampuan sebuah notbuk untuk hidup dengan baterai) nah tentu cara termudah selain mengurangi konsumsi air agar air tidak cepat habis adalah dengan menggunakan bak mandi yang lebih besar kapasitasnya, kan?

Umumnya sekarang ada pada kisaran 2000-4000mAh. semakin besar ampere semakin baik. klo memang butuh batere yang tahan lama pertimbangkan beberapa notbuk kelas atas biasanya sangat irit daya tapi klo harga menjadi masalah mungkin bisa beli batere terpisah or extended batere

6. LAYAR -> INI KRUSIAL karena yang kita liat kan layar ekekee... TApi umumnya sekarang layar dah ga banyak bedanya terkecuali tentu layar2 untuk laptop2 yang harganya premium seperti VAIO dengan XBRITE dimana backlight untuk layar dah pake LED bukan lampu biasa lagi. Umumnya layar itu dibagi berdasarkan ukuran diagonalnya, dimulai dari 10,11,12,13,14,15,17,19,21 dalam satuan INCI. Dan ada 2 ukuran rasionya yaitu WIDE (16:9) dengan NON WIDE, dimana untuk WIDE itu berarti layarnya lebih lebar daripada yang NON WIDE tapi klo diukur panjang dan tinggi akan berbeda, dimana WIDE itu akan lebih panjang tapi lebih pendek daripada NON WIDE.

NAh perbedaan rasio ini memberikan keunggulan dimana nonton video lebih enak karena kan rata2 video itu selalu dalam rasio 16:10 -sesuai dengan rasio WIDE Screen- jadi klo difullscreen ga ada resize lagi. Juga klo liat dokumen view seperti liat halaman word/pdf bisa diliat side-by-side 2 halaman sekaligus, plus klo untuk photoshop, autocad maka bidang gambar akan utuh tidak terganggu dengan tool2 windows ^^

Kalau buat foto atau gambar ngaco ga? seperti lebih ceper atau lainnya? Tentu ga karena kan cuman jumlah pixel yang ditampilin ajah yang bertambah ^^

HAL APA LAGI YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN SELAIN KOMPONEN DIATAS?
Tentu cek seperti apa notbuk yang akan anda beli. oleh karena itu pertimbangkan;
1. Apakah anda nyaman menggunakannya?
2. Apakah layar sudah cukup baik?
3. Apakah cukup ergonomis, seperti posisi colokan2, kibor, dll.
4. Apakah panas ketika digunakan?
5. Apakah dimensinya cukup besar/kecil, berat fisiknya?
6. Kelengkapannya apa saja -> terkadang kelengkapan suatu notbuk ada yang cukup mahal untuk dibeli terpisah seperti mouse blutut atau tas.

Sumber: www.chip.co.id/forum/notebook

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...