Recent Post:




23.12.14

Cara Refill Kartrid Tinta HP 46 Black Color

Bagaimana cara Refill / Isi ulang Kartrid tinta HP 46 ? Kartrid Tinta ini sering di gunakan pada Printer HP Deskjet 2020hc / 2520hc. 

Ane barusan habis nge-Refill Cartridge HP 46 Tri-Colour dan HP 46 Black dan hasilnya kualitas cetak sama seperti original, tidak ada nozzle yg tersumbat, tidak ada garis.

"Ternyata kalo mau refill harus punya alat penyedot cartridge"

Soalnya tinta menjadi buih jika tinta sudah habis (yg sebenarnya tinta masih ada didalam cartridge cuman bentuknya buih kental), nah buih itu harus dikuras dulu menggunakan penyedot cartridge (Vacum). Jika tinta didalam cartridge sudah kosong (benar-benar kosong) baru deh tinta refilnya disuntikkan. Soalnya jika buih tersebut tidak dikuras, maka dijamin saat direfill kualitas cetak akan kacau, bergaris, nozzle tersumbat, dll, ancur deh, wajar aja didasar cartridge isinya buih.

HP 46 Tri-Colour kapasitasnya 10mL /Warna (2x lipat dari HP 703 Tri-Colour)
HP 46 Black kapasitasnya 30mL (2x lipat dari HP 703 Black)

HP 46 Pageyieldnya 2 x lipat Kartrid Tinta HP 703

Semua cartridge black HP Ultra/Ink Advantage bisa direfill menggunakan tinta pigment (bukan semi pigment) dan hasilnya maksimal. Hanya saja tetap harus disedot karena ketika tinta disuntikkan maka busa akan dipenuhi udara diantara busa dan printhead, jadi harus dibuang dulu udaranya pake alat tersebut agar tinta bisa keluar saat ngeprint (tinta bisa mengalir ke printhead) dan maka hasil cetak akan bagus, tidak bergaris.

Satu lagi, jika menggunakan tinta DataPrint, sebaiknya gunakan suntikan lain yg lebih baik dan gunakan jarum suntik tajam berdiameter kecil seperti dibawah ini:




Note: Varian lain ada juga yg ada thread/drat/ulir pada moncong tempat memasang jarumnya.

Karena suntikan bawaan DataPrint menghasilkan cukup banyak gelembung udara saat tinta disuntikkan dan membuat lubang yg besar pada busa saat jarum tumpul berdiameter besarnya ditusukkan ke busa cartridge. Sedangkan gelembung udara adalah musuh printhead yg membuat hasil cetak akan jelek karena nozzle seakan tersumbat, padahal nozzle tersebut tidak dialiri tinta karena terhalang gelembung tersebut.

Hasil maksimal setelah proses refill akan didapatkan ketika cartridge didiamkan beberapa jam sebelum digunakan (walau bisa saja langsung digunakan tapi kualitas cetak akan menurun sedikit).

Oh ya kelebihan pake alat penyedot cartridge adalah proses refill menjadi cepat, lebih bersih, dan hemat tissue.


Black = Pigment
Color =Dye

Merk yg ane pake DataPrint DP-27 untuk Cartridge Black, dan BluePrintBP-H28W untuk Cartridge Tri-Colour

Alasan ane pake DataPrint DP-27 karena merk tersbutlah tinta pigment hitam untuk HP yg paaalliiing mudah didapatkan. Dan menurut ane kualitasnya tinta pigmentnya bagus, tapi suntikan bawaan DataPrint jelek, keras saat diinjek dan jarumnya tumpul berdiameter besar, bikin lubang cukup gede di busa cartridge dan menghasilkan banyak sekali gelembung udara.

Alasan ane pake BluePrint BP-H28W untuk Cartridge Tri-Colour karena BluePrint udh terkenal lah kualitas cetak fotonya, selain itu suntikan yg digunakan juga berkualitas bagus, menggunakan jarum suntik tajam berdiameter kecil, seandainya BluePrint BP-H27K (Black) berbasis pigment maka ane akan beli merk BluePrint juga, sayangnya BluePrint BP-H27K pake Dye Base tulen (setidaknya pake semi pigment kek).

Ane berani bilang cartridge HP, "khususnya HP Ultra/Ink Advantage bisa direfill dan kualitas cetaknya 100% seperti original dengan catatan printhead tidak defect bawaan atau defect seiring pemakaian tinta original sampai habis, jika printhead defect maka kualitas cetak akan tidak konsisten, baik cartridge warna maupun hitam. Tested on HP 703, 704, & 46"

Kekurangan refill cartridge HP Ultra/Ink Advantage adalah page yield yg berkurang, saat refill pertamakali page yield akan lebih banyak daripada tinta original (sudah ane test pake metode ISO), karena volume tinta yg diisikan ke cartridge lebih banyak daripada tinta original (bisa dilihat busa cartridge saat belum direfill masih putih, dan ketika dibuka yg terkena tinta hanya bagian bawah busa), tapi ketika direfill > 3x maka page yield akan berkurang drastis diiringi penurunan kualitas cetak.

HP 703 Tri-Colour, HP 703 Black bisa direfill langsung tanpa perlu dikuras, sedangkan HP 46 Tri-Colour dan HP 46 Black harus dikuras karena tinta berubah jadi buih jika volume tinta sudah sedikit, jika tidak dikuras maka kualitas cetak pasti jelek. Jadi bisa ane katakan wajib punya toolkit penyedot cartridge, terserah mau dibeli di mana, di kaskus banyak yg jual

Refill hanya solusi bagi user yg menganggap harga 88rb - 99rb masih mahal, karena soal mahal atau murah itu relatif, dan khusus untuk cartridge tri-colour refill menjadi solusi atas kekurangan cartridge 3 in 1 tersebut jadi jika tinta habis disalah satu warna saja, tidak perlu beli tinta original warna baru, cukup refill tinta yg habis saja (kecuali cartridge HP 46 Tri-Colour).

Ane sendiri lebih memilih refill sampai kualitas scetak tidak bisa diterima lagi dan/atau page yield berkurang drastis karena busa cartridge yg jenuh, baru kemudian beli tinta original, karena jauuuh lebih murah ketimbang tinta original dan refill di refill center (metodenya sama kok, cuman bedanya di refill center pake mesin yg konsepnya saja aja jika kita punya toolkit penyedot cartridge).

Lanjutkan membaca kesimpulan di SINI...



Sumber : Kaskus ID: lukma.nulha.kim
http://www.kaskus.co.id/show_post/54983c75582b2eb7388b4579/4909/cartridge-hp-ultra-ink-advantage-bisa-direfill
http://www.kaskus.co.id/show_post/5498fd300e8b46b438000009/4919/-




2 comments:

  1. kombinasi warnanya apa ya gan untuk hp carttride 46-nya?
    ane ko kebalik terus ya udh set kuning merah biru gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @abdul: kalau melihat tulisan ini, sy sertakan sumber dari Kaskus, ID nya ada di sana, silahkan di tanyakan langsung ke sana, karena bukan dari pengalaman saya sendiri, tks

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...