Recent Post:




24.2.16

Pilih Printer Infus atau HP INK Advantage?

Pertanyaan:

Numpang tanya gan, ane kan pake Canon 1880 dari taon 2008 kalo ga salah inget, ga tau ini perasaan gue doang ato gimana, pas jaman2 dulu sih cartridge nya kayanya lbh awet deh, disuntik brp kali masih oke, tapi kayanya catrdrige skarang udah ga kaya dulu, cuma brapa kali suntik udah ada problem, mulai dari bergaris, ato warnanya kaya ngaco gitu,bahkan sempet ga mau ngeprint, tapi pas gue ganti cartrdige baru, oke lagi sih.. beli cartdrige item + warna udah kaya beli printer baru harganya..hhhhh...

Nah ane itu kalo ngeprint rata2 sehari paling cuma 2-3 lembar, tapi bisa dibilang ampir rutin. Mungkin maximal gue ngeprint dalam sebulan 50-60 lembar lah kira2. item sama warna sama2 kepake.

Nah, gue ada rencana printer gue mau gue infus, tapi kalo gue baca2 dari sini + gugling, kayanya kekuranganya lebih banyak berdampak di gue deh daripada kelebihannya..hhhh..soalnya kan katanya kelebihan dari infus ini kan buat yg sering ngeprint dlm jumlah banyak, kalo jarang dipake, ato cuma sedikit bisa bikin tinta kering di head, masuk angin, dan permasalahn lainnya, jadinya kl gue pikir ogah juga deh gue pake infus.

Tapi gue liat ada Epson Infus, seri L310, nah, ini perawatannya ribet ga kalo gue pakenya ga gitu sering, atau ngeprintnya sedikit? soalnya takut kaya printer infus modifan, tinta kering di head/selang lah, masuk angin, bocor, dll. Atau printer infus yang cocok buat gue merk apa ya? yg perawatannya mudah/ga ribet, hasil nya bagus budget mungkin 1.5jt-2juta-an. atau bener2 gue ga disaranin pake printer infus?

Kalo perawatanya gampang, ga ada efek2 negatif yg kaya td disebutin, oke kali ya gue pilih L310? dia head nya di catrtidge kaya canon juga ga sih? awet ga?

Rencana gue, kalo catridge gue yg lagi dipake skarang rusak lagi, gue mau beli printer baru, tadinya org nyaranin beli HP, katanya tintanya murah, pas gue tanya bener sih murah, tp ukurannya kecil/sedikit, jadi kalo gue ambil yg gede kayanya kurang lebih sama aja kaya cartdrige canon. Jadi sih rencananya kalo epson infus itu perawatannya gampang, gue beli itu, atau gue mau cari printer yang awet carttridge nya biar kl disuntik ga cepet rusak catridge nya, tapi katanya canon sama epson printe head nya beda ya? kalo canon di cartridge kl epson terpisah? kalo misalkan nih, ambil epson non infus, trus gue suntik terus, head nya awet ga ya?

THX gan..

Jawab:

Halo Gan...
u/printer model CISS (Infus) di peruntukan buat pengguna yang sering rutin cetak hampir setiap hari nya, biasanya u/komersil, seperti Warnet, Rental, UKM Percetakan dll.. yang volume cetaknya > 1500 hal per bulan nya.

Kalau "Jarang" di pakai tentunya Agan sudah tahu jawabannya sendiri.
Untuk printer Infus biasanya tinta Individu dan model Printhead terpisah dan letaknya ada di dalam printer jadi enggak bisa di gonta ganti sendiri, harus bongkar unit ke Service centre.

Kalau mau model printer yang gak perlu cetak setiap hari, bisa pilihan model 2 Katrid (Black/Tri-Color), seperti HP INK Advantage dan Canon INK Efficient

Ini ada penjelasan lebih detail biar Agan gak salah persepsi, ini saya kasih 2 printer HP Inkjet sbb:

HP Deskjet xxx (Standar)

Harga Katrid Tinta Black = 85rb (Cetak sd 120 halaman Dok Teks hitam)
Harga Katrid Tinta Color = 135rb (Cetak sd 100 hal Dok Warna)

HP INK Advantage

Harga Katrid Tinta Black = 95rb (Cetak sd 480 halaman Dok Teks hitam)
Harga Katrid Tinta Color = 95rb (Cetak sd 150 hal Dok Warna)

Lihat perbandingan kapasitas cetak (Pageyield) dan biaya nya? dengan HP INK Advantage biaya cetak lebih HEMAT hingga 40%

Jadi Jangan salah info meskipun harga tinta Katrid nya murah tapi isi cetaknya sedikit, tapi bukan INK Advantage... Jadi pilihnya HP INK Advantage, ini baru yang versi tinta murah dan lebih banyak isi cetaknya


Sumber: Kaskus

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...