Recent Post:




20.6.16

Printer Infus Jarang di pakai Tinta Bisa Kering

Pertanyaan:
Hi sesepuh disini mnta rekomen dong printer utk rumahan yg tahan untuk home use print tiket dll saja .terakhir pakai epson L355 tpi krn jarang dipakai jd kena printhead pdhal bru print gk smpai 300 count.ada printer rekomen yg jarang dipakai tpi awet gk ribet tinta kering dan mesti print bbrp lembar tiap minggu utk maintenance sory kalau kacau bahasanya
Thanks before


Jawab:

Epson L355 model infus-tangki original kan?
Semua printer infus baik modif maupun original dari vendornya harus dipake ngeprint tiap 2-3 hari biar selang gak macet / masuk angin & printhead gak kering atau malah banjir. Jadi harus telaten perawatannya.

Kalo penggunaan di rumah jarang2 sih mending pake HP Ultra Ink Advantage, contohnya printer yg kompatibel pake cartridge HP 46, harganya cartridge-nya gak sampai 100ribu tapi bisa print 1500 hal b/w. Tinggal beli, pasang, pake kalo ada perlu ngeprint, kalo abis ganti baru, gak perlu repot ngeprint berkala.

HP 46 kompatibel dgn printer HP 2020hc, 2029, 2520hc, 2529 dan 4729

******
Entah kenapa orang Indonesia sangat sensitif sama kata "murah". Kalo disuruh milih antri seharian biar dapat sembako murah atau kerja seharian buat beli sembako pasti milihnya antri murah daripada kerja.

Kalo pake cartridge original, di negara lain biasanya kalo habis beli baru. Tapi di Indonesia cartrige yg udah habis dimodif biar tetep bisa dipakai tanpa perlu beli cartridge baru.Entah pake infus atau suntik. Dengan begitu tetep bisa pake ngeprint dgn cukup ganti isi tinta aja.

Kalo pake infus kita harus ngeprint berkala agar saluran tinta tetap lancar, alhasil kita rutin ngeprint sesuatu yg gak perlu dan buang kertas sia2.
Padahal setiap printer memiliki "monthly duty cycle" artinya printer mampu ngeprint dokumen sampai batas maksimal tertentu sebelum kualitas print-nya menurun. Misal duty cycle 1000 hal/bulan artinya kalo printer dipake ngeprint lebih dari 1000 halaman dalam sebulan kualitas akurasinya bakal menurun, makin lama printer itu bakal rusak.
Cartridge sendiri ada usianya, mirip aki atau oli di motor, mau diakali gimana caranya suatu saat harus ganti baru, kalau tidak, bakal ada efek pada performanya.

Jadi kalo mau sistem infus sih intinya siap servis, terlalu jarang dipake jadi kering, atau keseringan dipake cartridge / printheadnya jadi rusak


Sumber: Kaskus Link

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...